Kamis, 20 Juni 2013

Aplikasi Visit Jateng 2013

Posted by Unknown On 22.21
Selamat datang dan selamat membaca di blog anak Pendidikan TIK UNS 2012, kali ini kelompok pengisi blog ini akan menampilkan program java dengan tema Visit Jateng 2013. Program ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir semester dua yang tentunya di mata kuliah pemrograman. Sebelumnya kelompok kami akan medeskripsikan ide awal pembuatan program ini, yaitu ada tiga poin sebagai berikut:
1. Saat melewati gedung kesenian di sebelah barat kampus kami, ada papan reklame yang cukup besar berisi Visit Jateng 2013. Dari situ kami tertarik untuk mengangkat tema ini sebagai aplikasi dari tugas kami.
2.Mungkin Jawa Tengah masih kalah pamor dari tempat wisata lainnya di Indonesia, karena itu kami ingin mengeksplor  yang ada di Jawa Tengah.
3.Banyak juga teman kuliah kami yang bukan penduduk Jawa Tengah, mungkinprogram ini bisa dijadikan bacaan selama mereka kuliah di kawasan tengah pulau Jawa.
Cukup pusing juga untuk menentukan bagaimana pengeksekusian ide untuk program kami ini. Setelah beberapa hari googling ini tampilan dari programnya yang kelompok kami buat:

Langkah pertama buat project baru, yaitu klik icon new project, pilih kategori JavaàJava Application, klik next. Kita beri nama projeknya dengan “VisitJateng”. Plih lokasi dimana projek kita akan disimpan. Klik Finish. Pada projek ini buat Jframe baru dengan nama visit. Caranya kilk kanan visitjateng, pilih new JFrame Form, kemudian ganti namanya. Di frame inilah kita akan membuat design untuk tampilan program.

 Tambahkan panel pada frame. Kemudian di panel kita tambahkan  label, teks area, tombol, dan desktop.

Label kita gunakan untuk memberi gambar. Setelah drag dan drop Jlabel dari palette ke frame,  klik kanan jlabel di navigator, pilih properties. Cari pilihan icon, kemudian klik (...). klik import to project, pilih gambar yang akan dipakai, klik next, finish. Setelah gambar muncul, klik ok. Jangan lupa untuk menghapus tulisan Jlabel. Besarkan atau kecilkan ukuran gambar sesuai kebutuhan.
TeksField kita gunakan untuk memberi judul dan tulisan yang diperlukan. Caranya drag dan drop TextField, klik kanan properties, ganti tulisan yang akan ditampilkan. Jika mau mengganti bentuk dan ukuran huruf, cari pilihan font, untuk warna latar belakang, ada di pilihan background, sedangkan warna huruf ada di pilihan foreground.
Tambahkan tombol dengan drag dan drop Jbutton sebanyak tombol yang diperlukan. Untuk mengganti icon tombol klik kanan properties, pilih icon. Memilih gambar tombol sama seperti yang ada di label. Untuk keterangan tombol bisa kita gunakan teks area.
Desktop kali ini akan kita gunakan untuk menampilkan JinternalFrame, yaitu farme di dalam frame. Nantinya internal frame yang ada, letak dan ukurannya akan tergantung pada desktop.
Kita langsung buat saja internalframenya. Karena kita membuat lima tombol, yaitu sejarah, tempat wisata, transportasi, makanan khas, dan budaya yang berarti ada lima kategori yang akan dimunculkan, maka kita juga membuat lima internalframe. Klik kanan projek visitjateng, pilih new, JinternalFrame Form.

Jika di pilihan new belum ada JinternalFrame Form, maka langkahnya adalah klik new file, pilih kategori Swing GUI Forms, JinternalFrame Form, next, ganti namanya. Kali ini internalframe akan kita beri nama internal1 sampai internal5.
         



       Setelah itu kita ganti variable name pada desktop dan tombol, agar tidak bingung nantinya. Untuk keduanya caranya sama, yaitu kilik kanan JButton/JDesktop di navigator, klik Change Variable Name... Jbutton kita beri nama btn_sejarah, dan seterusnya. Jdesktop kita beri nama desktop.

Kemudian untuk menampilkan internalframe di desktop saat tombol di tekan adalah memberi event di tombol. Klik kanan tombol di navigator, action, actionPerformed.

      Setelah muncul tampilan seperti berikut ini, tuliskan source kodenya. Jangan lupa memperkenalkan tombol apa yang akan disambungkan ke internalframe yang isinya sesuai dengan nama tombol. Disini tombol sejarah dengan internal1. Lakukan cara yang sama untuk tombol lainnya.


      Langkah lebih lanjut adalah mendesign internalframe. Sesuaikan panjang dan lebarnya dengan ukuran desktop, agar bisa terlihat semua. Untuk gambar disini kami menggunakan label, kemudian teksnya menggunakan jTextArea dan jScrollPane. Drag dan drop label kemudian ganti icon seprti pada penjelasan sebelumnya. Kemudian drag dan drop jScrollPane, diatasnya drag dan drop jTextArea, isikan data yang akan dimunculkan. Lakukan tahap yang sama untuk keempat internalFrame lainnya, maka tampilannya akan seperti berikut:

Berikut adalah tampilan saat di Run:

Kelemahan dari project ini adalah, jika mau menampilkan isi dari tombol lain, internal yang sedang dibuka harus ditutup dulu, karena belum berhasil dispose.
Semoga bermanfaat, selamat mencoba :D
download aplikasi

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About