Kamis, 20 Juni 2013

Aplikasi Fruit n Veggie

Posted by Unknown On 22.48
Aplikasi ini bernama Fruit n Veggie yaitu aplikasi yang terinspirasi dari bagaimana kita mencari tahu keuntungan dalam bertani sehingga tidak perlu untuk terjun langsung ke dunia pertanian, cukup membuka komputer lalu memasukkan lahan yang diinginkan dan jumlah pekerja yang dibutuhkan.  Aplikasi ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir semester dua yang tentunya di mata kuliah pemrograman. Sebelumnya kelompok kami akan medeskripsikan ide awal pembuatan program ini.

Teknis dari program ini adalah saat kita memasukkan jumlah lahan, maka akan diperhitungkan jumlah pohon yang bisa ditanam dalam jumlah ‘n’ hektar  dan jarak setiap pohon, dan saat kita memasukkan jumlah karyawan hal ini akan berpengaruh pada hasil pendapatan dari hasil keseluruhan panen dipotong upah karyawan dengan ketetapan upah setiap karyawan sebesar Rp. 400000,-.


             Aplikasi ini terdapat banyak jenis produk buah, sayur, dan bahan makanan pokok, yaitu masing-masing lima macam produk. Untuk produk sayur terdapat tanaman sawi, brokoli, cabai, tomat, dan labu kuning. Untuk produk buah terdapat buah apel, buah anggur, buah mangga, buah naga, dan buah jeruk. Sedangkan untuk produk bahan makanan pokok ada tanaman padi, jagung, ubi, singkong, dan kacang kedelai.
               Baik mari kita lihat cara pembuatan aplikasi Fruit n Veggie ini.
            Aplikasi ini dibuat menggunakan Java Netbeans 7.3, untuk membuat aplikasi ini dibutuhkan frame untuk halaman awal, halaman menu, halaman buah, sayur, dan makanan pokok, halaman untuk jenis buah-buahan, jenis sayur-mayur, dan jenis makanan pokok masing-masing 5 frame, dan yang terakhir adalah frame hitung untuk menghitung keseluruhan operasi.
            Untuk frame halaman utama, halaman menu, dan halaman buah, sayur, dan makanan pokok hanya diberikan event actionPerformed untuk menghubungkan page ke page yang lain.



             Untuk mencegah terjadinya exception kita perlu untuk mengimport class, supaya bisa memunculkan kotak dialog.


           Dan sekarang kita akan membahas teknis dalam pembuatan masing-masing page, contohnya dalam frame Anggur yang kita butuhkan adalah masukkan jumlah lahan di textfield1  untuk mengetahui jumlah pohon, jumlah bibit, jumlah pupuk, harga bibit, dan harga pupuk. Kemudian kita masukkan jumlah karyawan untuk mengetahui jumlah upah karyawan dan pendapatan bersih setelah dipotong pengeluaran bibit, pupuk, dan upah karyawan. Semua frame yang dibuat pada dasarnya sama kecuali untuk tanaman padi, dikarenakan yang lain bisa kita hitung perbuah, tetapi padi tidak bisa kita hitung perbutir sehingga  total panen padi dihitung perkarung.



              Untuk class hitung yang diperlukan hanyalah menghitung keseluruhan frame.

                Dan akhirnya sekarang kita lihat hasilnya.


           Gambar diatas adalah halaman awal, untuk button sebelah kiri yang berwarna biru adalah button bantuan, yang ditengah adalah button untuk menuju ke page menu, dan button yang sebelah kanan adalah button untuk keluar.

Jika kita menekan button bantuan maka akan muncul frame yang berisi tentang penjelasan-penjelasan cara menggunakan aplikasi ini.

           Saat kita menekan button menu, halaman selanjutnya yang muncul adalah halaman menu yang terdapat button buah-buahan, sayur-mayur, dan makanan pokok, di atas pojok kanan juga terdapat button untuk kembali ke halaman sebelumnya. Lanjut kita ke klik button buah-buahan.

        Masukkan angka pada kolom jumlah lahan dan jumlah pekerja, lalu klik OK, dan hasilnya akan muncul di text area. Untuk memasukkan data baru, kita bisa meng-klik button refresh yang ada di pojok kiri atas.

Untuk download klik download aplikasi

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About